• 1 Project 1
    Suspendisse turpis arcu, dignissim ac laoreet a, condimentum in massa.
  • 2 Project 2
    uisque eget elit quis augue pharetra feugiat.
  • 3 Project 3
    Sed et quam vitae ipsum vulputate varius vitae semper nunc.
  • 4 Project 4
    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

REVIEW: GARUDABOI 1-3

| |
Cover Garudaboi


Penerbit: Koloni
Cerita& Gambar: Galang Tirtakusuma

Sebelumnya saya ingatkan dulu, bagi yang belum membaca, review ini mengandung beberapa spoiler. Selain itu saya berusaha mereview se-obyektif mungkin, kalau ada ketidaksetujuan mari kita bicarakan.

Dianatara para pembaca Koloni pasti tidak ada yang tidak mengenal jagoan satu ini, Garudaboi! Mari kita bedah identitas dari superhero kocak satu ini

ART
Pertama-tama kovernya yang tentu saja buah tangan mas Galang ini terbilang keren dengan gaya vektor-nya. Warna-nya juga cerah dan menarik, layout nya juga ga ngaco. Ketiga kover komik garudaboi yang telah terbit ini semuanya sama-sama bagus dan kocak.
Masuk ke artwork isi komiknya,  karena formatnya komik yonkoma/ strip 4 kolom,  jadi soal artwork fine-fine sajah, gambarnya rapih dan simpel, enak dilihat dan dibaja untuk genre komedi yang dibawakannya. Sebagai nilai plus, bahkan mas Galang seringkali memamerkan keahlian artistiknya dengan menampilkan gaya superhero amerika.Salut buat mas Galang deh!

STORY
Cerita yang dibwakan oleh Galang, sesuai dengan genre komedi yang dibawanya, ditambah dengan tema superhero, cukup fresh dan menarik dibanding komik strip lain yang sifatnya daily life biasa.
Guyonan yang disampaikan mas Galang memenag sangat slapstick, seperti guyonan manga Jepang kebanyakan, namun unsur lokal yang dicampur aduk dalam guyonan komik ini terasa original dan apalagi mampu membuat saya tertawa sinting.

CHARACTER
Jagoan-jagoan paling menonjol di komik ini antara lain Saepul aka Garudaboi, Luna, om Bajuri, Pendekar  Pentung dan Garudamanly-man.
Saepul aka Garudaboi, sebagai karakter utama yang banyak mendapat fokus, tingkah laku dan karakter superhero kocak dalam dirinya cukup memuaskan pembaca. Sifatnya yang heroik namun konyol itu hidup dalam Garudaboi sendiri.
Luna, sebagai karakter pendamping Saepul, Heroine yang mata duitan, mudah emosi dan suka main kasar inimenyeimbangi kekonyolan dan kebodohan karakter lainnya. She deserved more role!
Bajuri, karakter bapak kos yang seringkali terlihat antagonis di pihak Protagonis ini membuat komik ini semakin kocak dan fresh. Gak ada Bajuri gak rame.
Pendekar Pentung, sebagai saudara kembar Bajuri, karakter serius dan heroik yang ditampilkan bertolak belakang dengan saudara (serta panutannya) membuat warna cerita dan guyonan dari komik ini tidak monoton.
Garudamanly Man, karakter berbadan bongsor yang Garudaboi wannabe ini terkdang menjengkelkan sekaligus menyenangkan, setidaknya cukup memeriahkan komik ini.
Dengan kata lain, karakter yang ada dalam komik ini cukup hidup, dan unik, lain dari komik kebanyakan yang menyandang genre atau tema serupa. Salut lagi buat mas Galang.

PLOT
Soal plot tidak ada yang bisa banyak dibahas, sebagai komik strip yang alur ceritanya sangat bebas tentu susah menilainya, namun beberapa alur unik dari beberapa cerita yang menghubungkan cerita secara waktu dan letak panel sangat menarik dan tidak biasa dilakukan di komik serupa.
Selain itu juga terdapat beberapa alur-alur penting, seperti adegan pertempuran, perkenalan karakter baru, yang mendapat jatah lebih dari yonkoma, membuat alurnya tidak monoton. Itu yang cukup menarik perhatian saya.

OVERALL
86/100
Hebat! Dari jilid 1 sampai 3 belum pernah mengecewakan saya. Mungkin beberapa aspek menjadi hambatan, seperti guyonan slapstick yang tidak semua orang dapat mengerti. Namun komik ini benar-benar menunjukkan kerja keras dan talenta penciptanya. Saya menanti komik jilid 4nya. Pokoknya komik ini wajib baca deh!

0 komentar:

Post a Comment