• 1 Project 1
    Suspendisse turpis arcu, dignissim ac laoreet a, condimentum in massa.
  • 2 Project 2
    uisque eget elit quis augue pharetra feugiat.
  • 3 Project 3
    Sed et quam vitae ipsum vulputate varius vitae semper nunc.
  • 4 Project 4
    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

GUIDE: SISTEM PEMBUATAN KOMIK

| |
Hai hai, selamat datang di cergamonastery. kali ini saya akan menguraikan sistem pembuatan komik.
Pada dasarnya semua komik berasal dari ide, dan biasanya para komikus mendapatkan ide dari mana saja dan kapan saja. Dan dari ide cerita itu dibuat dalam bentuk sinopsis-sinopsis singkat dan deskripsi karakter-karakter. Pengembangan cerita dan mendesain karakter adalah langkah selanjutnya, kemudian masuk tahap pensil (penciling), penintaan (inking), pewarnaan (coloring) dan terakhir penulisan teks(lettering). Proses selanjutnya, yaitu pra-cetak biasanya dilakukan oleh penerbit, barukemudian penerbit mengambil alih untuk proses produksi, baru kemudian proses pendistribusian. Di dalam industri komik, dalam membuat sebuah komik selain ada proses-proses yang harus dilalui dan juga dibutuhkan tim yang solid dengan spesialisasi yang kuat, minimal harus ada kolaborasi antara penulis cerita dan ilustrator. Tapi umumnya, studio-studio komik memiliki tim yang lengkap, mereka diantaranya :

Penulis (Script Writer)
Walau tugasnya menulis cerita, ia harus memiliki visi visual, karena ceritanyaharus mudah diterjemahkan/dituangkan dalam ilustrasi oleh ilustrator (Penciler & Inker)

Pembuat Sketsa Pensil (Pencil Artis / Penciller)
Tugasnya memindahkan cerita menjadi gambar yang masih berupa sketsapensil, yang nantinya akan diteruskan untuk di clean-up oleh Inker Artist .

Peninta (InkerArtist)
Posisi ini tidak selalu ada, tapi di sistem pembuatan komik, inker selaludisebut. Tugasnya mengclean-up pensil menjadi ilustrasi yang lebih rapih,sebelum diwarnai.

Pewarna (Colorist)
Pelaku tahap pewarnaan, setelah proses dasar komik yaitu Outline.

Editor
Bertindak sebagai Quality Control dari komik yang akan diterbitkan.Tugasnya mengedit semua hasil akhir dari komik yang telah dibuat, sebelum naik cetak.

Penerbit (Publisher)
Yang mendanai produksi komik dan menerbitkannya.

Distributor
Berkat jasa orang inilah, komik tiba di tangan kita. Karena tugasnya memasarkan komik seluas-luasnya.

0 komentar:

Post a Comment